Theme Layout

Boxed or Wide or Framed

Theme Translation

Display Featured Slider

yes

Featured Slider Styles

[Boxedwidth]

Display Trending Posts

yes

Display Instagram Footer

No

Dark or Light Style

Daun Jarak Mengobati Bayi Masuk Angin atau Kembung


jarak pagar

Siapa sangka kalau ternyata daun jarak pagar bisa mengobati bayi masuk angin. jarak pagar adalah tanaman yang biasa ditaman di sekitar rumah, itulah mengapa dipanggil dengan nama jarak pagar. Selama ini yang kita tahu jarak pagar digunakan sebagai sumber bahan bakar alternatif biodisel yang diambil dari bijinya.

Tanaman yang bisa juga disebut jatropha ini biasanya dikembang biakkan dengan cara menanam bijinya yang telah tua, meski sebenarnya bisa dikembang biakkan dengan cara stek batang. Jarak pagar mengandung nicotiflorin, astragalin, quercetin, kaempferol dan lainnya.

Lalu bagaimana cara mengobati bayi masuk angin dengan daun jarak pagar? Gampang sekali mom, caranya:

1. Ambil 8 Lembar Daun Jarak Pagar yang Masih Segar

Pilih daun yang sudah tua dan bersih dari hama, pastikan daun jarak pagar yang kita ambil adalah daun jarak yang terbaik dari batangnya.

2. Layukan Daun Jarak

Ini berfungsi untuk mengeluarkan kandungan baik yang ada di daun jarak. Caranya bisa dengan  memanaskannya di atas api kompor. Atau kita juga bisa menggunakan bantuan wajan, letakkan daun jarak di atas wajan yang sudah panas. Bolak-balik daun jarak sampai layu.

3. Olesi Daun Jarak Dengan Minyak Telon

Setelah daun jara pagar layu, angkat dan olesi dengan minyak telon secukupnya.

4. Tempelkan Daun Jarak Pada Bayi

Tempelkan 4 lembar duan jarak di dada dan perut bayi kemudian tempelkan 4 lembarnya lagi di punggung bayi. Lalu ikat dengan gurita atau gunakan kain bedong. Intinya kita menjaga agar duan jarak tidak bergerak dari posisinya.

5. Biarkan Sampai Daun Mengering.

Biasanya nanti setelah 30 menit daun akan mengering dengan sendirinya.

6. Ulangi Sampai Sembuh

Semoga bermanfaat dan semoga si dedek bayi yang masuk angin segera sembuh ya mom. Ikut senang kalau dedek bayi tumbuh sehat.
QuickEdit

You Might Also Like

17 comments:

  1. daun jarak ini bikin badan yang rewel jadi kalem ya

    ReplyDelete
  2. Kenapa harus pakai hitungan 4 lembar? Maaf, masih gagal paham. Kalau pake satu daun gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga mesti 4 lembar sih mbak Yul, bisa 1 kalau daunnya lebar. Intinya nutupin perut dan belakang debay. Nanti aku edit tulisannya :)

      Delete
  3. Daun jarak itu kayak gimana sih? Yang nyembuhin daun jaraknya apa minyak telonnya neh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang kayak di foto mas, hmm...yang buahnya digunakan untuk penghasil minyak. Banyak dikembangkan di Jawa Barat, ITb punya perkebunan jarak

      kayaknya perpaduan keduanya deh

      Delete
  4. Aku kok kayanya belum pernah ketemu daun ini ya. Seperti apa aslinya belum pernah megang. Tapi lumayan banget daripada minum obat ya kan

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang memang sudah makin jarang yang nanam mbak

      Delete
  5. Ini daun sering aku jumpa klw lagi hunting ke gunung atau di perkarangan tetangga,
    ternyata ada manfaatnya juga iya. Terima kasih informasinya iya mba. :)

    ReplyDelete
  6. Cara yang sangat tradisional banget nih ya dan ampuh banget untuk mengatasi penyakit bayi yang kembung gitu dan bahan bahannya mudah dicari lagi

    ReplyDelete
  7. Perlu ditanam nih di rumah daun jarak. Lumayan banyak juga ini fungsinya ya. Aku juga suka tanam obat-obatan lain di samping rumah.

    ReplyDelete
  8. Aku baru tahu nih manfaat daun jarak. Dulu pas pijat asi pernah dipakaikan daun ini juga rasanya dingin

    ReplyDelete
  9. rumah mama di Sukabumi, di halamannya tanam pohon jarak ini kak, emang banyak banget manfaatnya ya

    ReplyDelete
  10. Oh daun jarak bs buat ngobatin masuk angin ke dedek bayi ya ternyata, aku seingetnya masa kecil buat mainan gelembung donk XD

    ReplyDelete
  11. Sepertinya penampakan daun ini ada di rumah aku deh. Ternyata khasiatnya besar juga ya buat de2k bayi. Coba aku terapin deh sama keponakanku. Thanks infonya*

    ReplyDelete
  12. Daun jarak banyak manfaatnya, tapi sayang sekarang susah didapat.

    ReplyDelete
  13. Gak nyangka ternyata daun Jarak sangat bermanfaat untuk kesehatan anak, saya mah taunya minyak jarak gunanya buat bahan bakar alteratif aja, ahahahaha

    ReplyDelete

[name=Zefy Arlinda] [img=http://res.cloudinary.com/momsodell/image/upload/v1521166151/Zefy.jpg] [description=Hai Saya Zefy, Hobi Makan-makan | Memasak | Jalan-Jalan.] (facebook=https://www.facebook.com/arlindazefy) (twitter=https://twitter.com/zarlinda) (instagram=https://www.instagram.com/zefyarlinda/)