Panggilan yang Baik Untuk Bayi

nama bayi

Panggillah bayi anda dengan nama atau panggilan yang baik-baik. Misalanya anak sholeh, si pandai atau yang lainnya. Hindari panggilan yang jelek, karena selain tidka baik hal ini dilarang dalam Islam.

Imam Ahmad meriwayatkan dari Abu Jubairah ia berkata: “Firman Allah: “Dan janganlah kamu panggil memanggil dengan gelar-gelar yang buruk,” turun untuk kami Bani Salamah.” Abu Jubairah melanjutkan, “Ketika Rasululloh SAW tiba di Madinah, kala itu setiap orang memiliki dua atau tiga nama. Siapa yang memanggil, nama-nama itulah yang dipakai. Mereka berkata, “Wahai Rasululloh SAW, sesungguhnya dia akan marah dengan nama itu. Kemudian turunlah ayat, “Dan janganlah kamu panggil-memanggil dengan gelar-gelar yang buruk” (HR Ahmad).

Di situ jelas dikatakan bahwa sudah seharusnya kita menggunakan panggilan yang baik-baik. panggilan yang baik itu artinya kita mengikuti aturan dalam Islam dan ingat kalau perkataan adalah doa. Apalagi bayi kan, bayi itu ruang penyimpanan kosa kata yang masih kosong. Bayangkan betapa indahnya jika kosa kata yang mereka simpan yang baik-baik. Bayangkan indahnya doa yang kita panjatkan setiap kali menyebut namanya.

Miris sekali saat aku mendengar beberapa orang yang memanggil dengan kata "juling", "kurus", "anak h*r*m" dan lainnya. Hal ini sudah banyak menjamur, para dewasa yang memanggil menggunakan dalih lucu-lucuan. Katanya lucu aja kalau bayi dipanggil dengan sebutan-sebutan itu. Padahal itu sama sekali tidak lucu. Sudah sepatutnya bayi-bayi menggemaskan itu kita panggil dengan panggilan yang baik.

Kan lebih syahdu kalau bayi-bayi lucu itu kita panggil dengan panggilan yaa bunayya, anak sholeh, anak baik, anak pintar, atau panggil namanya.

Bagaimana menurut kalian?

29 comments

  1. Saya sangat bersepakat, bahwa anak adalah ruang kosong yang siap menampung kosa kata yg kita lekatkan (panggil).
    Bila kita kenalkan dgn kosa kata yg buruk maka dia akan bersikap buruk juga.
    Mantapnya lagi, bila setiap penggilan itu di barengi dengan syang.
    Sehingga sikap sayang akan ada padanya.

    ReplyDelete
  2. aku setuju sekali. karena panggilan juga bisa menjadi doa dan harapan bagi bayi tsb kelak ya. jadi panggilah denngan yang baik baik

    ReplyDelete
  3. Panggilan untuk anak apalagi dari org tua sesungguhnya adalah doa ya. Noted nih. Lebih baik doain atau manggil anak dengan sebutan yang baik2 walau saat emak marah2 sekalipun hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku paling sedih kalau ada anak hasil perbuatan haram disebut anak haram, padahal anaknya gak salah, yang salah perbuatan kedua orang tuanya...

      Delete
  4. Pernah anakku di panggil si paul oleh pamannya waktu masih bayi.. bapaknya yg gak terima dan marah. Hahaha. Tapi memang sih, tradisi bercanda orang Indo kadang kelewatan, gak bisa liat situasi, manggil nama suka seenaknya.

    ReplyDelete
  5. Katanya panggilan orang tua itu juga bisa jadi doa. Jadi kalau kita panggil anak dengan sebutan yang baik, seperti mendoakan anak menjadi anak yang baik.

    ReplyDelete
  6. Aku baru tau jika panggilan anak itu ada makna tersembunyi ya kak dan diutamakan banget nih memberikan nama yang vaik baik supaya kedepannya anak tersebut berperilaku baikbjuga ya kak

    ReplyDelete
  7. Kalau aku bukan hanya pada bayi, sama orang lain juga nyebut nama, bukan panggilan yang aneh2 bahkan buruk. Soalnya aku sendiri gak mau dipanggil kaya gitu

    ReplyDelete
  8. Bisa panggil... Si gemes, imut, lucu atau apalah... Setuju bgt hhe
    Kadang pas kecil kalo dibiasakan malah bikin nama gelar yg dicap gl baik kan ya sampai tua, kasian si anak ketika sudah beranjak dewasa

    ReplyDelete
  9. Iya. Aku tuh sebel sama orang2 yang nggoda bayinya "mana anak jelek senyumnya. Yang jelek ini anak siapaa?"

    Mbok yo diganti kata2e. Biasanya saya negur tuh. Ngasih tau

    ReplyDelete
  10. Panggilan baik bisa jadi doa untuk si bayi, dan terus dipanggil dengan sebutan baik akan terekam ke otak bayi dan semoga menjelma menjadi hal baik pada si bayi

    ReplyDelete
  11. Sepakat banget. Apalagi kesel ponakanku dititipin sama tante dari suami,eh anak tantenya suaminya kalo kesel keluar kata2 binatang,jadi ikutan,ya allah perjuangan banget ngapus memori buruknya bun.

    ReplyDelete
  12. Ucapan adalah doa ya mba.. kadang sedih juga kalo liat ada orangtua yang marahin anaknya pakai panggilan2 yg gak baik. Tapu suka galau gimana negurnya, nanti malah kena semprot lagi aku hahaha

    ReplyDelete
  13. Betul, betul, betuuuulll
    memanggil anak harus dgn panggilan TERBAIIIKK
    https://bukanbocahbiasa(dot)com

    ReplyDelete
  14. memang suka ada ortu yang manggil anak ala kadarnya klo saya lebih baik memanggil dengan nama terbaik dan positif.

    ReplyDelete
  15. Bener ya biarpun kpd bayi hrs dgn nama yg baik... Anakku dah gede masih suka sering dipanggil dede cantik... Suka dia

    ReplyDelete
  16. www.penceritadunia.com

    Saya juga bingung sama orang ta yg manggil anaknya dengan yg aneh2 meski niatnya cuma buat lucu2an... Hadeeuh...

    ReplyDelete
  17. Setuju banget, aku juga sedih kalo ada orang dewasa manggil anak kecil dengan sebutan buruk. Kadanag kalo kenal ya aku ingatkan. Apalagi kalo yang manggil ibu atau ayahnya. Karena panggilan untuk anak itu semacam doa dari orang tua kaan

    ReplyDelete
  18. Nggak kebayang kadang kalau ada ortu.yang asal aja manggil ke anak lah apagunanya juga udah kasih nama yang kadang milihnya aja hasil rembukan 7 purnama hahahaha

    ReplyDelete
  19. bayi aku manggil apa ya nanti?? memang panggilan yang baik itu harus ya mba... jangan sampe lupa nama si bayi

    ReplyDelete
  20. Biasanya kalau udah masuk sekolah nih. Kadang sesama teman sering manggil dengan julukan yang tidak menyenangkan..tersinggung juga dulu

    ReplyDelete
  21. benar banget, panggilah dengan nama2 yang baik.
    Toh nama adalah doa ya kan

    ReplyDelete
  22. Penting sekali untuk memberikan panggilan yang baik buah hati ya mbak

    ReplyDelete
  23. Dengernya juga nggak enak ya mba kalau bayi yang lucu dan nggak berdosa itu dipanggil yang kurang baik.

    ReplyDelete
  24. Setuju bangetlah.. anak2 harus dipanggil dengan sebutan yang bagus dan bermakna positif.. karena nama memang doa ya...

    ReplyDelete
  25. Memang nama itu doa ya, aku juga setuju, kasih nama yang baik. Jangan kasih nama jelek, kasian kalau nanti besarnya hidupnya malah jadi sesuai dengan namanya. Apalagi nama-nama Islam yang artinya bagus-bagus, doa banget.

    ReplyDelete
  26. Ada orangtua yang merasa memanggil nama anaknya dengan sebutan tertentu itu lucu.
    Macam "Gendut", "hitam"...dll.
    Miris dengernya.

    Di sini pentingnya memilih lingkungan yang baik untuk tumbuh kembang anak.

    ReplyDelete