Theme Layout

Boxed or Wide or Framed

Theme Translation

Display Featured Slider

yes

Featured Slider Styles

[Boxedwidth]

Display Trending Posts

yes

Display Instagram Footer

No

Dark or Light Style

Saat Ichi Alergi Susu Formula



Satu hal yang aku takuti saat memberikan susu formula sebagai tambahan ASI kepada anakku terjadi. Ya, aku takut anakku Ichi alergi susu formula. Aku sudah baca banyak tentang pemberian susu formula pada bayi sebelum memutuskan membeli susu formula kepada Ichi.

Aku cari tahu susu formula yang baik, aku juga cari tahu tentang penggunaannya dan lain sebagainya. Tetapi tetap saja yang namanya alergi tidka bisa dihindari. Jangankan susu formula ya, berdasarkan cerita yang aku dapat malah ada anak yang alergi ASI ibunya sendiri, hmmm....


Alergi Susu Formula

Konon kabarnya banyak hal yang bisa menyebabkan alergi susu pada anak. Bisa memang si anak sensitif, bisa karena kondisi badannya sedang tidak fit, bisa karena belum terbiasa dan mungkin ada pula faktor lainnya.

Memberikan Bayi Susu Formula

Memberikan bayi susu formula adalah pilihan kedua kalau si ibu tidak bisa memberi si bayi ASI atau kekurangan ASI. Kalau kasusku kemarin karena si ASI-ku ternyata mulai berkurang dan si Ichi minum susunya kuat. 

Umur Ichi sudah masuk 1 tahun, aku bekerja dan Ichi makannya sudah mulai banyak. Sebenarnya aku pompa ASI sih tapi ya tetap aja kurang. Aku coba beli merk Bebe***, tak ada motif apapun saat membeli susu formula bubuk merk tersebut. Aku dapat susunya saat belanja kebutuhan bulanan di sebuah tempat perbelanjaan tak jauh dari rumah.

Aku dengar merk yang aku beli tersebut sudah terbukti bagus mangkanya aku ambil. Aku beli yang kotak kemasan paling kecil. Sengaja ambil yang kecil takut Ichi ga cocok dengan merk ini. Aku harus memastikan Ichi suka dan cocok dulu dengan suus formula yang aku beli baru selanjutnya bisa beli yang kemasan besar. Supaya ga terlalu rugi kalau Ichi ga suka atau ga cocok dengan merk tersebut.

Keesokan pagi saat pergi ke tempat penitipan aku mulai memasukkan bekal susu formula untuk Ichi. Aku masukkan 1 gelas bubuk susu formula di tas bekalnya. Aku juga berpesan pada mbak-mbak yag menjaga Ichi di tempat penitipan memberikan Ichi susu formula saat jam minum susu tiba. Alhamdulillah Ichi suus susunya, minumnya lahap.

Tetapi sesuatu terjadi pada malam harinya. Aku heran saat melihat pup Ichi, warnanya ticak seperti biasanya. Kali ini pup Ichi berwarna agak putih dan menggumpal. Ichi tetap dalam kondisi ceria, baiklah pikirku. Sepertinya ini biasa saja karena Ichi tidak memperlihatkan tanda-tanda sakit.

Keesokan pagi sebelum mandi pagi pup lagi. Warna dan bentuknya sama seperti malam harinya. Aku cerita pada orang di rumah dan mereka bilang tidak ada yang mencurigakan. Ok, aku mandikan Ichi dan mengantarnya ke tampat penitipan.

Sore hari aku jemput Ichi ternyata badannya sudah merah-merah. kata mbak-mbak yang ngasuh Ichi agak kurang bersemangat dan menjelang aku jemput di badannya mulai muncul bintik merah. Karen amelihat kondisi Ichi yang seperti itu sepulang dari tempat pendidikan aku dan adikku langsung pergi ke rumah bidan di dekat rumah.

Aku ceritakan keluhanku kepada bu bidan dia dia mulai meracikan obat untuk Ichi. Sembari dia menyiapkan obat dia berkata "Ini adiknya alergi susu sapi bu". Ganti saja susunya dengan yang lain. Aku diberi anti biotik cair 1 botol kecil, obat demam dan alergi berbentuk bubuk dalam kertas untuk 3 hari. Bayarnya kalau tak salah ingat Rp 75.000,- 

Sesampainya di rumah Ichi sepertinya ngantuk, meski Ichi sudah ngantuk aku sempatkan memberinya makan dan obat dari bidan. Setelah itu dia tertidur sampai esok paginya. Alhamdulllah alerginya hilang dan badannya tikak panas.

Aku hunting susu lain dan mencoba S*M, eh ternyata covok. Aku coba kasi ke Ichi dan tara...tidak terjadi apa-apa dengan Ichi. Dianya suka dan tidak timbul bintik-bintik merah tadi. Padahal harganya lebih murah kan ya.

Punya cerita tentang memberi bayi susu formula?
QuickEdit

You Might Also Like

No comments

Post a Comment

[name=Zefy Arlinda] [img=http://res.cloudinary.com/momsodell/image/upload/v1521166151/Zefy.jpg] [description=Hai Saya Zefy, Hobi Makan-makan | Memasak | Jalan-Jalan.] (facebook=https://www.facebook.com/arlindazefy) (twitter=https://twitter.com/zarlinda) (instagram=https://www.instagram.com/zefyarlinda/)