Theme Layout

Boxed or Wide or Framed

Theme Translation

Display Featured Slider

yes

Featured Slider Styles

[Boxedwidth]

Display Trending Posts

yes

Display Instagram Footer

No

Dark or Light Style

Saat Telinga Balita Mengeluarkan Cairan Seperti Ingus


bayi

Pernah melihat telinga bayi/balita mengeluarkan cairan seperti ingus? Ini adalah hal yang terjadi dengan Ichi tepat umurnya 1 tahun 2 bulan kemarin. Aku sebagai ibu tentu saja sedih melihatnya, apa yang terjadi dengan anakku? Aku membatin dalam hati.

Pertama kali aku mengetahui kejadian ini saat aku dan pak suami mengantar Ichi ke tempat penitipan. Sewaktu sampai ke lokasi aku ingin mencium Ichi dan aku malah mlihat ada cairan seperti ingus di telinganya. Aku heran, ini cairan apa dan langsung masuk ke tempat penitipan sembari menayakan apakah para mbak yang ada di sana punya cattonbud untuk membersihkan telinga Ichi.

Mereka tentu nanyain dong ada apa, aku cerita kalau dari telinga Ichi keluar cairan seperti ingus. Mereka pun mulai bercerita, katanya anak-anak di penitipan sudah ada 2 orang yang seperti Ichi sebelumnya. Setelah periksa ternyata itu karena batuk dan flu yang sedang mampir ke mereka. Nanti sembuh kok kata mereka. Akupun akhirnya bisa meninggakan Ichi dengan perasaan tenang. Kami memutskan membawa Ichi ke bidan sore hari saja setelah pulang kerja.

Sore hari setelah menjemput Ichi kami langsung mampir ke bidan, konsul tentang telinga ichi yang mengeluarkan cairan seperti ingus.

Aku diminta menceritakan kronologis kejadian.

Aku pun mula cerita tentang Ichi yang batuk disertai flu, aku juga cerita tentang Ichi yang tidak bisa tidur nyenyak di malam hari karena batuk dan flunya itu. Mimik juga jadi susah karena saat mimik dia hanya bisa bernafas dari hidung sedangkan hidung tersumbat. Aku juga cerita tentang teman-temannya di penitipan yang mengalami kejadian serupa.

Lalu giliran Bu Bidan yang bercerita, beliau bercerita memang ada beberapa anak yang kalau terserang batuk dan flu parah telinganya akan mengeluarkan cairan seperti ingus. Hal ini terjadi karena bayi belum bisa mengeluarkan dahak dan ingus sendiri. Sehingga dahak dan ingus mereka yang menumpuk itu keluar dari telinga.

Kasihan ichi..

Kami diberi 1 botol kecil obat tetes, 1 botol antibiotik dan 1 botol obat batuk serta flu. Penggunaannya 3 kali dalam sehari. Kalau tak salah ingat bayarnya Rp 50.000,- Harga yang bisa dikatakan terjangkau untuk semua kalangan.

Kami pulang dan sesudah makan malam mulai memberikan obat tersebut ke Ichi. Alhamdulillah keesokan harinya telinga Ichi tidak mengeluarkan cairan seperti ingus lagi. Ichi juga tidak rewel seperti hari sebelumnya.
QuickEdit

You Might Also Like

15 comments:

  1. kalau anak saya waktu bayi ga sampe ke luar
    cuma aromanya tidak enak
    tapi ketika sembuh..memang aroma di telinga juga hilang
    mungkin pengaruh batuk flu juga ya

    ReplyDelete
  2. Owlh ternyata berasal dr ingus yg menumpuk, duh kasihan klo dedek gemes bgtu ya kak. Noted buat calon bpk spt aku hehe

    ReplyDelete
  3. Edukasi yg sip markosip ini.
    Berfaedah buat ortu muda
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  4. Tulisan diatas jadi masukan yang berarti untuk saya dan para orangtua lainnya

    ReplyDelete
  5. Baru tahu aku ingus bisa keluar dari telinga. Karena anak-anakku belum ada yang mengalami. Baca artikel ini nggak kaget lagi kalau terjadi dengan anak-anakku.

    ReplyDelete
  6. Iya, jadi lebih awas lagi begitu melihat gejala-gejala seperti ini sih, biar bisa langsung perawatan dan cepat sembuh lagi.

    ReplyDelete
  7. wah syukurlah bukan penyakit serius ya. Dulu istri juga khawatir kalo anak tiba-tiba seperti ini. Untung lekas dibawa ke dokter aja. Takut ada penyakit yang serius.

    ReplyDelete
  8. Iyah, kalo anak batuk, flu bisa begitu sebab THT ya saling berhubungan. Jangankan bayi. Orang dewasa juga bisa mengalaminya. Sehat terus ya dek Ichi

    ReplyDelete
  9. Dede ichiiii sehat terus ya sayang... makasih ya mba sharingnya, buat pengetahuan kalo udah pny anak nanti hehehehehe

    ReplyDelete
  10. Alhamdulillah nggak ngalamin gini. Semoga cepat pulih ya kondisi. Cepat normal kembali ya baby...

    ReplyDelete
  11. Alhamdulillah kalo sudah teratasi ya. . semoga ananda sehat selalu... Seringan apapun keluhan anak tetep ya ibuk deg2an dan khawatir...

    ReplyDelete
  12. Owalah ternyata bisa sampai keluar lewat telinga ya ingusnya? Tapi masuk akal sih krn kan salurannya berhubungan. Cuma baru kali ini tahu ada kasus kyk gini. Alhamdulillah sembuh, skrng sehat2 yaaa moga gak sakit lg

    ReplyDelete
  13. Klo orang sini bilangnya conge ya mba,, iya sih dulu aku malah ngalamin pas flue berat telinga juga gitu agak risih memang k dokter alhamdulillah gak kambuh lg

    ReplyDelete
  14. Ooh aku baru tahu mb, soalnya ada hubungan sih ya THT itu. Alhamdullilah Ichi kembali sehat

    ReplyDelete

[name=Zefy Arlinda] [img=http://res.cloudinary.com/momsodell/image/upload/v1521166151/Zefy.jpg] [description=Hai Saya Zefy, Hobi Makan-makan | Memasak | Jalan-Jalan.] (facebook=https://www.facebook.com/arlindazefy) (twitter=https://twitter.com/zarlinda) (instagram=https://www.instagram.com/zefyarlinda/)