Theme Layout

Boxed or Wide or Framed

Theme Translation

Display Featured Slider

yes

Featured Slider Styles

[Boxedwidth]

Display Trending Posts

yes

Display Instagram Footer

No

Dark or Light Style

Kencur ternyata bisa jadi obat batuk pada bayi lho


pixabay.com
Obat-obatan herbal Indonesia untuk beragam penyakit itu banyak sekali ya ternyata, salah satunya adalah obat batuk untuk bayi. Obat batuk untuk bayi yang akan kita bahas kali ini adalah kencur. Yup, kencur untuk mengobati batuk pada bayi.

Oh iya sebelumnya aku tegaskan ya. Aku bukanlah seorang ahli medis. Aku adalah seorang ibu yang kebetulan hobi nulis. Jadi semua tulisanku di blog ini adalah tulisan pengalamanku selama mengasuh anakku dan berupa arsipku sebagai ibu. Hal ini aku tegaskan supaya tidak ada yang salah paham. Nanti kalau dikira dokter anak repot pula kita jadinya kan :D


Lanjut ke kencur sebagai obat batuk ya.

Aku dulunya belum pernah tahu kalau kencur bisa digunakan sebagai obat batuk. Aku dulunya tahu kalau obat batuk itu adalah jeruk nipis, asam jawa, belimbing wuluh, atau pergi ke dokter. Tapi semenjak adanya Ichi banyak sekali ilmu baru yang aku dapat. Rata-rata adalah resep turun-temurun keluarga.

Dulu waktu anakku Ichi (aku lupa umur berapa bulan) sedang batuk-batuk kami bertandang ke rumah sepupu ayah di Kandang Mas, kami memanggilnya Anya Jemina. Saat kami sedang  ngobrol Ichi batuk-batuk dan menanyakan sudah berapa lama Ichi batuk. Aku jawab 1 mingguan, sudah dikasi obat dari bidan tapi belum sembuh.

Lalu Anya Jemina cerita kalau baiknya diobati dengan kencur saja. Caranya mudah, harganya murah dan mujarab.
tokopedia.com
Bagaimana cara mengobati batuk dengan kencur kataku. Caranya:

  1. Ambil kencur secukupnya
  2. Bersihkan kencur
  3. Kunyah kencur
  4. Tempelkan hasil kunyahan pada lipatan kaki dan tangan si bayi
  5. Lakukan 2 kali sehari sampai batuk bayi sembuh
Jangan lupa itu yang ngunyah kencurnya si ibu bayi. Aku belum paham sih mengapa yang diminta ngunyah si ibu. Aku kemarin sudah tanya apakah bisa kalau kencurnya digiling saja. Beliau bilang bisa tetapi akan lebih mujarab kalau kencur dihaluskan dengan kunyahan si ibu bayi.

Misteri juga ya kok bisa begitu. Mungkin campuran air ludah si ibu ada hubungannya dengan hal ini, iya kan? Analisaku saja sih. Konon katanya batuk bayi juga akan lebih cepat sembuh menggunakan metode ini kalau batuknya si bayi disebabkan karena masuk angin.

Bagaimana dengan Ichi kemarin?

Kalau ichi kebetulan memang sembuh sehari setelah pengobatan dengan kencur ini tetapi anakku kan sambil minum obat dari bidan. Hm..jadi belum tahu juga kalau pengobatan hanya dengna kencur, mungkin nanti bisa kita coba. Nanti insyaallah kalau aku coba hasilnya akan aku posting di tulisan ini.

Mom sekalian bagaimana? Pernah coba mengobati batuk bayi dengan kencur? Atau ada resep lain?
QuickEdit

You Might Also Like

No comments

Post a Comment

[name=Zefy Arlinda] [img=http://res.cloudinary.com/momsodell/image/upload/v1521166151/Zefy.jpg] [description=Hai Saya Zefy, Hobi Makan-makan | Memasak | Jalan-Jalan.] (facebook=https://www.facebook.com/arlindazefy) (twitter=https://twitter.com/zarlinda) (instagram=https://www.instagram.com/zefyarlinda/)