Theme Layout

Boxed or Wide or Framed

Theme Translation

Display Featured Slider

yes

Featured Slider Styles

[Boxedwidth]

Display Trending Posts

yes

Display Instagram Footer

No

Dark or Light Style

Kenapa Makanan Balita Harus Bervariasi



Seiring dengan pertumbuhan bayi yang cepat dan ukuran bayi menjadi besar, di usia 6 bulan ia perlu mendapatkan makanan pendamping ASI (MPASI). Makanan ini harus mencukupi kualitas gizi yang baik dan seimbang. Menurut pedoman organisasi kesehatan dunia (WHO), MPASI harus memenuhi empat syarat, yakni bernutrisi, bersih, aman, dan diberikan dalam jumlah yang tepat. Tidak jauh berbeda prinsipnya dengan makanan untuk balita Kamu.

Memberi makanan kesukaan anak terus menerus memang buat senang hati. Tapi, jangan terlalu sering hingga melupakan makanan yang lain. Mengganti-ganti beberapa makanan yang Anda konsumsi sangatlah penting untuk membantu fungsi tubuh balita bekerja secara optimal. Tentu saja ini menghindarkan si kecil dari kekurangan nutrisi.Nah lho?.

Kenapa Makanan Balita Harus Bervariasi

Sebenarnya mengonsumsi suatu makanan secara terus menerus ternyata memiliki efek samping juga terutama pada pemenuhan kebutuhan nutrisi, prinsipnya adalah makanan yang dikonsumsi sehari-hari semakin banyak variasi makanannya maka semakin baik.

Mengonsumsi suatu jenis makanan setiap hari tidak menjadi masalah asalkan makanan tersebut bukanlah sumber makanan satu-satunya yang si kecil konsumsi. Jika Kamu menemukan suatu makanan yang kaya akan nutrisi dan ternyata si kecil menyukainya, cobalah tambahkan ke dalam menu makanan sehari-harinya. Mengganti-ganti beberapa makanan yang dikonsumsi sangatlah penting untuk membantu fungsi tubuh si kecil bekerja secara optimal.

Bagaimana Cara Memberi Variasi Makanan Si Kecil?

Misalnya jika si kecil suka sup, tidak masalah untuk dikonsumsi secara rutin, hanya saja cobalah untuk mengganti variasinya dari bahan yang berbeda-beda. Jika biasanya memberi sup wortel, selanjutnya Kamu bisa ganti dengan sup jagung, selanjutnya diganti lagi sup ikan, selanjutnya sup tomat, bisa juga sup ayam makaroni, atau bahkan bisa diganti dengan bentuk yang lain seperti perkedel dan lain-lain.

Selain membantu untuk mencukupi kebutuhan nutrisi anak secara seimbang, mengganti variasi-variasi makanan dan kombinasi makanan anak secara periodik juga membantu untuk menarik selera makan anak, terutama bagi yang susah makan.

Variasi adalah salah satu kunci untuk mengoptimalkan nutrisi dan memastikan bahwa Anda terhindar dari kekurangan nutrisi.

Semakin banyak warna yang dimiliki dalam makanan si kecil maka semakin baik, tidak setiap sayuran menyediakan nutrisi yang sama dan untuk mendapatkan beragam nutrisi, jadi si kecil harus diberi beragam jenis sayuran.
QuickEdit

You Might Also Like

No comments

Post a Comment

[name=Zefy Arlinda] [img=http://res.cloudinary.com/momsodell/image/upload/v1521166151/Zefy.jpg] [description=Hai Saya Zefy, Hobi Makan-makan | Memasak | Jalan-Jalan.] (facebook=https://www.facebook.com/arlindazefy) (twitter=https://twitter.com/zarlinda) (instagram=https://www.instagram.com/zefyarlinda/)